Achievement Motivation Training (AMT) - AMT merupakan salah satu dari beberapa metode
pengembangan diri. Program-program dalam AMT diharapkan dapat mengubah sikap,
perilaku, dan pola pikir dalam belajar sehingga diharapkan mampu meningkatkan
kinerja dalam memberikan pelayanan kepada siswa-siswi di sekolah.
Program AMT diharapkan dapat membangun sikap mental positif individu dalam kelompok dan membentuk kelompok yang kuat, membuka wawasan dan wacana yang baru tentang karakteristik individu dan kontribusi positifnya terhadap kesuksesan dalam pencapaian tujuan, mengembangkan potensi diri dengan menghadapi hal-hal yang baru serta menumbuhkan semangat baru dalam pencapaian tugas yang dibungkus dalam suasana kebersamaan yang kuat.
Sebuah pelatihan motivasi berprestasi (via Google.com) |
Program AMT diharapkan dapat membangun sikap mental positif individu dalam kelompok dan membentuk kelompok yang kuat, membuka wawasan dan wacana yang baru tentang karakteristik individu dan kontribusi positifnya terhadap kesuksesan dalam pencapaian tujuan, mengembangkan potensi diri dengan menghadapi hal-hal yang baru serta menumbuhkan semangat baru dalam pencapaian tugas yang dibungkus dalam suasana kebersamaan yang kuat.
Pendekatan yang dilakukan dalam AMT mengacu kepada
Outdoor Acivity. Program ini diselenggarakan berdasarkan metode & prinsip
“experience learning. Dalam experience learning metode pembelajarannya dengan
cara melibatkan peserta pelatihan secara langsung dari sisi kognitif, afektif
dan psikomotorik. Karena, belajar secara langsung dengan “mengalami” dan
“merasakan” akan lebih mudah dipahami dan akan diingat lebih lama.
Berbeda dengan pelatihan jenis ceramah dan yang
dilakukan dengan formal kelas, dengan metode ini, keberhasilan atau kegagalan
tim akan dapat dirasakan dan langsung difahami dari perilaku yang
menyebabkannya.. Karena menggunakan pendekatan experience learning maka
suasananya dilakukan dengan senang dan tidak terkesan formalitas.
Dengan memanfaatkan komponen pribadi yang cenderung untuk bermain, kegiatan AMTini dilakukan dalam simulasi permainan, sehingga daya tangkap akan pesan yang harus disampaikan akan lebih efektif, karena disamping experiential (dilakukan sendiri) juga dilakukan dalam suasana yang bersifat entertainment dan pengutamakan perasaan senang. Sehingga setiap peserta dapat merasakan sendiri keberadaannya dalam organisasi dan juga sebaliknya keutamaan tim bagi dirinya dapat diterima dengan perasaan yang tulus.
Dengan memanfaatkan komponen pribadi yang cenderung untuk bermain, kegiatan AMTini dilakukan dalam simulasi permainan, sehingga daya tangkap akan pesan yang harus disampaikan akan lebih efektif, karena disamping experiential (dilakukan sendiri) juga dilakukan dalam suasana yang bersifat entertainment dan pengutamakan perasaan senang. Sehingga setiap peserta dapat merasakan sendiri keberadaannya dalam organisasi dan juga sebaliknya keutamaan tim bagi dirinya dapat diterima dengan perasaan yang tulus.
Tujuan program Achivement Motivation Training secara lebih khusus bertujuan untuk
mengembangkan potensi siswa dan siswi dalam area:
Positive Behavior
Learning Motivation
Communication Skills
Leadership
Problem Solving
Team Work
Dibutuhkan teamwork yang baik dalam pelatihan motivasi berprestasi ini agar menghasilkan efek
sinergi dimana akan sangat berpengaruh dalam mencapai keberhasilan bagi diri
sendiri, bagi team maupun bagi sekolah. Team yang baik akan menghasilkan
ide-ide, memberikan support, memecahkan persoalan, dan mengambil keputusan.
Teamwork building adalah suatu upaya sekolah untuk memfasilitasi kebersamaan agar terjadi interaksi yang sinergistik melalui berbagai experience learning processes. Dengan demikian kebersamaan menjadi sumber daya yang berkekuatan dan siap menyambut perubahan, tidak hanya kumpulan sejumlah orang yang tidak berdaya.
SASARAN PROGRAM ACHIEVEMENT MOTIVATION TRAINING
- Meningkatkan kemampuan siswa-siswi dalam membangun tim, pengambilan keputusan serta partisipasi resiko.
- Meningkatkan serta berbagi pengalaman dalam hal motivasi siswa siswi dan motivasi team, kepercayaan diri, kreativitas, dan pengambilan resiko.
- Meraih perkembangan pribadi dan kelompok yang dipusatkan pada visi misi sekolah, termasuk di dalamnya adalah komunikasi rasa saling percaya, dan pemecahan masalah.
- Mengembangkan kualitas kepemimpinan dengan adanya efektivitas pribadi dalam keterbukaan mengatasi konflik serta membangun budaya kerja yang tepat
- Membangun leadership individu dan leadership dalam team
- Meningkatkan ketrampilan dalam membina kerjasama kelompok (teamwork), berbagai masalah (problem sharing), dan memberi serta menerima umpan-balik (feedback)
- Siswa siswi diharapkan akan mendapatkan energi baru dan semangat baru setelah mengikuti acara outbound yang menarik, menantang dan menyenangkan.
- Setelah mengikuti program outbound ini diharapkan siswa siswi dapat meningkatkan produktifitas kerja, kualitas layanan, efektif dan efisien dalam bekerja.
GARIS BESAR PROGRAM AMT
Rencana kegiatan Achievement Motivation Training dan
objectivenya adalah sebagai berikut :
ITEM |
GAME |
ACTIVITIES |
OBJECTIVE / INSIGHT |
INTRODUCTION & ICE BREAKING |
Who Am I |
Self Assessment |
|
Gone with the Winds |
Peserta diminta untuk melakukan gerakan tertentu sesuai dengan perintah |
|
|
Everybody Ups |
Peserta diminta untuk duduk kemudian berdiri secara bersama-sama. Hal dilakukan dari mulai kelompok kecil sampai kelompok besar. |
|
|
Confusing Tower |
Peserta diminta untuk membuat menara dengan bahan tertentu |
|
|
ENERGIZER |
Pipe Line |
Setiap kelompok berusaha memasukan bola-bola kedalam pipa |
|
Pipe Bocor |
Setiap kelompok akan berusaha mencoba untuk mengeluarkan bola-bola yang ada dalam pipa. |
|
|
Infinite Circle(Group Challenges) |
Setiap peserta berpasangan dalam kelompoknya dan masing-masing pergelangan tangannya diikat dengan tali dengan posisi silang. Kedua pasangan tersebut berusaha untuk melepaskan silangan tali tsb tanpa melepas tali-tali tsb. |
|
|
Magic Ropes |
Semua peserta di dalam satu kelompok akan berusaha mengurai keruwetan tambang yang telah dipegangnya, dengan tanpa sengaja dibuatnya dengan tidak boleh melepas ujung tambang-tambang tsb. |
|
|
Transfer Glasses |
Setiap kelompok akan berusaha memindahkan gelas yang berisi air ke tempat yang telah ditentukan dengan menggunakan peralatan kain yang telah disediakan. |
|
|
Traffic Jams |
Setiap kelompok akan berusaha menjalankan pesertanya yang berdiri masing-masing 5 orang dilajur kanan dan 5 orang lajur kiri. Peserta hanya boleh berjalan maksimum 2 kotak dan tidak boleh sejajar dengan peserta dilajur sebelahnya. Dan berjalannya bergantian. |
|
|
Spider Webs |
Setiap peserta dalam kelompok akan berusaha melewati rintangan berupa jarring lab-laba, dan jarring tsb hanya boleh dilalui satu orang saja dan tidak boleh menyentuh jaring |
|
|
Tunnel Game |
Setiap kelompok akan berusaha melewati rintangan jalan yang terputus di dalam terowongan dengan menggunakan 2 papan yang tidak sama panjangnya dan 1 balok kayu dan didalam terowongan tsb terdapat alirang listrik yang terputus. |
|
|
Toxic Waste(Group Challenges) |
Setiap kelompok akan berusaha memindahkan ember yang berisi limbah beracun ke tempat aman (disimpan di galon) dengan menggunakan tambang dengan tidak boleh menyentuh ember tsb dan tidak boleh melewati batas area yang aman. |
|
|
Human Leader(High Rope) |
Setiap kelompok akan berusaha melewati target / rintangan yan telah ditentukan dengan menggunakan bambu dan setiap peserta akan berjalan diatas bambu tsb yang dipegang oleh peserta dalam kelompoknya |
|
|
Moving Carpets |
Semua kelompok akan berusaha untuk berdiri diatas lembaran karpet dan akan berusaha untuk berpindah ketempat yang telah ditentukan |
|
|
Danger Zone |
Setiap kelompok akan berusaha melewati rintangan berupa medan / daerah yang penuh dengan ranjau/bomb dan bagaimana agar kelompok tsb bisa melewati rintangan tsb dengan selamat dan berpindah menuju area yang bebas. |
|
|
CHALLENGES |
Trust Fall |
Setiap peserta dalam kelompok akan berusaha menjatuhkan diri dari ketinggian 1.2 m dan membelakangi kelompoknya . Peserta kelompoknya akan membentuk pengaman bagi rekannya yang akan menjatuhkan diri tsb dengan menangkap agar tidak terjatuh ke tanah. |
|
Flying Fox |
Setiap peserta di dalam kelompok akan berusaha melewati rintangan dengan ketinggian 15 m, setalah diatas peserta tsb akan meluncur kebawah dengan menggunakan peralatan dan pengaman badan |
|
|
Sirkuit Hi-Ropes |
Setiap peserta dalam kelompok akan berusaha melewati rintangan sirkuit tali yang dibuat dari ketinggian 2 m - 6 m diatas tanah dan terakhir peserta tsb turun dengan Flying Jump |
|
|
Group Juggling |
Peserta bertugas untuk mendistribusikan bola secepat mungkin dari satu orang ke orang lain di dalam kelompok dengan aturan; tidak memberikan pada orang yang tepat di sebelahnya, setiap orang hanya memberi dan menerima satu kali, bola tidak boleh jatuh. Apabila aturan dilanggar maka bola kembali pada orang pertama dan waktu tetap dihitung. |
|
|
MINDSET CHALLENGE |
Giant Ladder |
Peserta menaiki tangga raksasa yang anak tangganya berjarak sekitar 1m dan puncaknya berjarak 8 m dari tanah |
|
PERSONAL CHALLENGES |
Caterpillars |
Peserta, satu per satu, menaiki sebuah jalinan tali dan bambu setinggi 8 m vertikal dan berdiri diatas platform yang berada di ujung jalinan tersebut. |
|
GROUP CHALLLENGES |
No Name |
Peserta dalam kelompok bertugas untuk melakukan sebuah tugas tertentu. Mereka terbagi dalam tiga kelompok kecil lagi. Kelompok kecil pertama berperan sebagai Si bisu, yang kedua sebagai Si normal dan ketiga sebagai Si buta. Si bisu memiliki informasi tentang tugas apa yang harus dijalankan dan menyampaikannya kepada Si normal tanpa bicara. Lalu Si normal menyampaikannya pada Si buta dengan berbicara. Si buta melakukan tugas yang di instruksikan oleh Si normal. Jarak antara ketiga kelompok kecil tersebut kira-kira 3 meter. |
|
Terpanjang |
Peserta membuat benda sepanjang mungkin dengan benda-benda yang dimiliki oleh team |
|
|
HIGH ROPE |
Free Fall |
Peserta harus melompat dan memukul bola yang berada di atas dengan menggunakan alat pengaman. |
|
TRADISIONAL GAMES |
Bakiak zig-zag |
|
|
Balap karung Zig Zag |
|
||
Tarik Tambang |
|
||
Pecah Balon Air |
|
||
Paku dalam botol |
|
||
Kelereng dengan Sumpit |
|
||
Berebut Kursi |
|
||
Sepak Bola Edan |
|
Demikian program pelatihan Motivasi Berprestasi yang ditujukan bagi para siswa yang diharapkan dapat memberikan manfaat positif dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah maupun di luar sekolah. Program Achievement Motivation Training ini bersumber pada blog Narmada.
Posting Komentar untuk "Pelatihan Motivasi Berprestasi Bagi Siswa"